Kamis, Desember 04, 2008

Menuju Hidup yang Lebih Baik

Periksa tanda pengenalmu,Sebelum bisa memutuskan apa yang kamu inginkan dalam hidup, pertama kamu harus memahami siapa dirimu, apa yang berpengaruh dalam hidup kamu, serta kenapa kamu bertindak dan berpikir seperti apa yang biasa kamu lakukan.

Beberapa menggambarkan langkah ini sebagai pencarian kesadaran diri. Zaman sekarang sebelum kamu melakukan perjalanan serius apapun, pertama kamu harus memastikan kalau kamu telah membawa tanda pengenal yang benar.Hal yang sama berlaku bagi perjalananmu melalui proses sukses.
Ciptakan visimuUntuk mencari kehidupan yang lebih baik, kamu harus memutuskan apa yang harus kamu inginkan dalam hidup. Apa impian dan aspirasimu? Karakteristik, bakat dan kemampuan apa yang kamu tawarkan? Langkah untuk menentukan visi:
a. Membuat daftar
b. Memanfaatkan imajinasimu
c. Menetapkan target
d. Menentukan sosok panutan nd pembimbing
e. Menjaga diri tetep focus
f. Menikmati perjalananmu
Buat rencana perjalananmuSetelah membuat cita-cita, kamu perlu sebuah rencana untuk mengejar visimu.Adapun caranya:
1. Memilih langkah-langkah menuju target
2. Mengatur waktu bagi target dan smua aspek laen dalam hidupmu
3. Membuat dan mempertahankan jadwal
4. Mengevaluasi kemajuanmu
5. Menjaga focus dengan apa-apa yang memang penting
Kuasai aturan perjalananSetiap hari kamu akan menemui rintangan yang mungkin akan menghentikan atau memperlambat langkahmu.Setiap kali kamu menemui masalah, ada satu respon sederhana yang harus kamu tanamkan dalam perilakumu: jangan pantang menyerah,jangan putus asa.karna sekali saja kamu belajar berputus asa,maka itu akan menjadi kebiasaanmu.so,tetep maju.
Melangkah keluar garisSelalu ada resiko jika kamu mengejar mimpi. Untuk tumbuh, kamu harus meninggalkan wilayah nyamanmu dan memasuki wilayah orang lain yang belom kamu kenal. Tapi tanpa mengambil resiko dan menghadapi rasa takutmu, kamu takkan bisa mencapai tempat yang kamu inginkan.Kamu mungkin sesekali gagal, tapi kamu takkan pernah berhasil kalo g’ mw mengambil resiko. Kalaupun gagal, kamu masih bisa belajar dari pengalaman itu dan mencoba lagi.
Jadilah pilot perubahanTak mungkin bisa melangkah ke depan jika kamu tetep berada di tempat. kamu harus bisa menerima kalo perubahan itu perlu di lakukan. Lalui masa sulit dan bersabarlah menanti terjadi perubahan yang kamu inginkan. Beri waktu bagi dirimu untuk menerima perubahan dan menyesuaikan diri.
Bentuk DREAM TEAM muHubungan penuh dukungan yang akan membantumu mengejar cita2 sangat penting bagi kesuksesan. Unatuk membangun hubungan itu kamu harus belajar memercayai orang lain. Tapi untuk mendapat kepercayaan itu, kamu harus bisa di percaya.
Ambil keputusan yang tepat
Membuat keputusan dengan bijak adalah tantangan terbesarmu. Ini meliputi aktivitas mennilai kekuatan, kebutuhan, dan kemampuan dirimu.pikirkan semua itu berdasarkan keyakinan dan nilai-nilaimu, lalu buat keputusan berdasarkan penilaian tersebut.
Pegang teguh visimu
Kamu bisa membuat cita-cita dan rencana apapun. Tapi jika kamu tidak benar-benar berkomitmen pada diri sendiri untuk mengejarnya, kamu takkan memperoleh apapun. Kamu harus berusaha menggapai visimu dengan seluruh daya upaya dan menjadikan usaha itu termasuk prioritas utama dalam hidupmu.


by : TIA djofanka

0 comments:

Posting Komentar