Sabtu, April 11, 2009

Awal Berdirinya Juventus

SERI A - Lebih dari seabad silam, sekitar 15 orang pelajar berusia 14-17 tahun dari Sekolah Menengah Massimo d'Azeglio beserta dua orang pe-reparasi sepeda berusia 20 tahun, Eugenio dan Enrico Cavari, sering menggelar pertemuan.
Dari pertemuan rutin tersebut ternyata mampu menghasilkan proyek yang positif. Tepatnya pada 1 November 1897 mereka membentuk sebuah klub sepakbola bernama Sport Club Juventus sebagai wadah untuk menyalurkan minat mereka bermain sepakbola.
Juventus sendiri sebenarnya berasal dari
bahasa latin "Iuventus" yang bearti muda. Nama Juventus tersebut memang sengaja dipilih untuk menandakan kalau para pendirinya adalah sekumpulan anak-anak muda. Kemudian Enrico Cavari salah satu dari pemuda paling tua juga pe-reparasi sepeda tadi, yang ahirnya menjabat sebagai Presiden pertama klub ini. Pada masa jabatannya juventus sering bergonta - ganti homebase. Namun disamping itu, sepak terjang di dunia sepakbola lokal disegani para pesaingnya yang lebih dulu berpengalaman.
Pada masa debutnya di kejuaraan Italia tahun 1900 kostum yang digunakan juventus berwarna pink. Sementawa kostum hitam putih baru mereka gunakan pada tahun 1903. Pergantian warna kostum sendiri terjadi karena kostum yang dipesan di Nottingham County salah warna, yang seharusnya hitam pink menjadi hitam putih. Dan dari warna kostum hitam putih itulah julukan I Bianconeri yang bearti Hitam Putih serta Le Zebre yang bearti Si Zebra. Seiring dengan sukses Juventus meraih gelar demi gelar diberbagai kompetisi, julukan - julaukan lain mulai bermunculuan. Adalah La Vecchia Signora julukan yang mempunyai arti Si Nyonya Tua. Julukan itu sendiri diberikan oleh tifosi Juventus dengan maksud membanggakan klub tersebut yang sudah kenyang pengalaman, prestasi dan kebesaran. Atau dengan kata lain Nyonya adalah panggilan untuk orang yang dihormati, Tua menunjukkan orang yang memang sudah sarat akan pengalaman. Julukan tersebut muncul seiring dengan merebaknya kelompok supporter Juventus di kota Turin yakni pada tahun 1970-an, dan semakin ramai lagi pada tahun 1980-an. Lebih tepatnya pada musim 1981/1982, yaitu saat Juventus meraih scudetto yang ke-20, yang kemudian membuat Juventus kembali menerima Stella d’Oro al Merito Sportivo atau bintang emas untuk yang ke-2 kali.
Tak puas dengan julukan itu, para Juventini membuat satu julukan lagi. La Fidanzata d'Italia adalah julukan yang kemudian mereka berikan kepada klub kesayangannya itu. Julukan yang bearti Kekasih Italia itu diberikan dengan maksud bahwa sebagai klub terbesar di Italia yang menjadi kebanggaan sebagaian besar rakyat negeri pizza, Juventus layak bersanding dengan Timnas Italia yang dicintai semua kalangan masyarakat Italia. Dengan kata lain jika Timnas Italia dicintai seluruh warga Italia, maka Juventus dijadikan kebanggaan lebih dari 10 juta warga Italia. Jumlah yang jauh dibandingkan jumlah tifosi AC Milan yang menduduki urutan ke-2.

4 comments:

  1. weezz...trims infonya bos..
    mantabb..!! Juventus emang ga ada tandingannya..
    hehehehehehe..
    FORZA JUVENTUS..!!

    BalasHapus
  2. Forza juve..!!
    salam juventini gan.. sayang kemaren EURO 2012 tujuh pemain juventus gagal mengantar ITALIA jadi kampiun EROPA,

    BalasHapus